Selasa, 12 Maret 2013

Khuthbah Iblis..

Khuthbah Iblis

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن والاه
Ikhwatal iman saudara-saudaraku yang beriman yang bertaqwa kepada Allah subhanahu wata’ala, pernahkan Anda tahu bahwasannya iblis la’natullahi ‘alaihi suatu sa’at akan menyampaikan khuthbah yang sangat menyentuh hati-hati manusia... yang akan menyentuh hati-hati para pengikutnya..

Kapan khuthbah tersebut akan disampaikan oleh iblis..?

Pada sa’at yang sangat mengerikan... pada hari yang sangat menegangkan... pada sa’at dimana neraka jahannam didatangkan oleh Allah subhanahu wata’ala..

وَجِيءَ يَوْمَئِذٍ بِجَهَنَّمَ ۚ يَوْمَئِذٍ يَتَذَكَّرُ الْإِنسَانُ وَأَنَّىٰ لَهُ الذِّكْرَىٰ
Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam; dan pada hari itu ingatlah manusia, akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu baginya” [1]
Tatkala neraka jahannam didatangkan oleh Allah subhanahu wata’ala dihadirkan dan dilihat oleh para pengikut iblis tatkala itu, dan tatkala itu mereka pun “yatadzakkarul insan” setiap mereka akan ingat seluruh apa yang pernah mereka lakukan “wa Anna lahudzdzikra” kata Allah subhanahu wata’ala, akan tetapi tidak ada faedah tatkala itu.. penyesalan mereka... tatkala mereka ingat dosa-dosa mereka.. tidak ada harapan yang Allah berikan kepada mereka...
 
Ikhwatal iman...
Allah subhanahu wata’ala menyebutkan tentang khuthbah iblis tersebut dalam firman-Nya..
وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الْأَمْرُ إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدتُّكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ ۖ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُم مِّن سُلْطَانٍ إِلَّا أَن دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي ۖ فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنفُسَكُم ۖ مَّا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنتُم بِمُصْرِخِيَّ ۖ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِن قَبْلُ ۗ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
 “Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu". Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih” [2]
Sesungguhnya syaithan sang iblis dia berkhuthbat tatkala Allah subhanahu wata’ala telah menghisab seluruh hamba, telah diputuskan perkaranya, tatkala penduduk surga telah dikumpulkan, dan penduduk neraka telah dikumpulkan bersama iblis..
Apa kata iblis..?
Al-Hasan Al-Basyri rahimahullah mengatakan..
إذا كان يوم القيامة قام إبليس خطيبا على منبر من النار
Jika datang hari kiamat.. yaitu tatkala setelah ditegakkan hisab pengadilan oleh Allah subhanahu wata’ala, maka iblis pun berdiri di atas sebuah mimbar yang terbuat dari neraka jahannam..
Berkhuthbah.. menyampaikan suatu khuthbah yang sangat menyentuh hati para pengikutnya..
Tatkala di hadapan mereka neraka jahannam..
Apa kata iblis..?
إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ
"Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepada kalian janji yang benar”
وَوَعَدتُّكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ ۖ 
dan akupun telah menjanjikan kepada kalian, akan tetapi aku ingkari janjiku”
وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُم مِّن سُلْطَانٍ إِلَّا أَن دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي ۖ 
“dan aku tidak punya kuasa kepada kalian sama sekali, kecuali aku hanya (sekedar) menyeru kalian mengajak kalian dan kalian memenuhi panggilanku”
فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنفُسَكُم ۖ 
Kata iblis “jangan kalian mencelaku, celalah diri kalian sendiri”
مَّا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنتُم بِمُصْرِخِيَّ ۖ
“aku tidak bisa menyelamatkan kalian dari neraka jahannam, dan kalian pun tidak bisa menyelamatkan aku”
إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِن قَبْلُ ۗ 
“bahkan aku sesungguhnya kafir (mengingkari) kepada kesyirikan yang kalian lakukan sejak dulu”
إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
“sesungguhnya orang-orang yang dholim bagi mereka adzab yang pedih”
وَأُدْخِلَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُخَالِدِينَ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ ۖ    
“dan orang-orang yang beriman dan beramal shalih akan dimasukkan dalam surga-surga Allah subhanahu wata’ala mereka kekal di dalamnya dengan idzin Rabb mereka”
تَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلَامٌ
Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah "salaam"”

Ikhwatal iman.. saudara-saudaraku seiman..
Lihatlah bagaimana khuthbah iblis.. isi khuthbah iblis.. yang disampaikan kepada para pengikutnya.. yang tatkala itu.. mereka pun menangis.. mendengar khuthbah iblis.. hati mereka tersentuh.. tidak pernah mereka mendengar khuthbah yang seperti ini.. dan tidak mereka pernah sadar mendengar khuthbah selama mereka di dunia.. terlalu banyak nasehat.. khuthbah yang disampaikan oleh para da’i.. para ustadz.. namun tidak menyentuh mereka.. tidak menyentu hati mereka.. tidak membuat mata mereka menangis..
Namun.. tatkala hari kiamat.. tatkala mereka mendengar khuthbah pimpinan mereka.. iblis laknatullah ‘alaihi.. maka mereka pun sadar.. mereka tahu bahwa selama ini mereka telah diperdaya oleh iblis.. yang telah menjerumuskan mereka ke dalam neraka jahannam..
Iblis dalam khuthbahnya.. berlepas diri dari kesalahannya.. dia mengatakan.. “saya telah menjanjikan kepada kalian dan saya mengingkari janjiku”
Dan dia mengatakan pula “dan jangan kalian cela diriku, kalian cela diri kalian sendiri, saya hanya mengajak kalian.., dan kalian mengikuti.., tidak ada yang bisa saya lakukan bagi kalian.., kalian tidak bisa menolongku.., apalagi saya tidak bisa menolong kalian untuk keluar dari neraka jahannam”
Iblis berlepas diri dari para pengikutnya.. dan ini merupakan kehinaan.. dan kesedihan yang amat parah yang dirasakan oleh para pengikut iblis..
Bagaimana tidak..?
Pimpinan mereka yang mereka harapkan akan menolong mereka ternyata berlepas diri.. dan ternyata ikut diadzab oleh Allah subhanahu wata’ala..
Dan ini diungkapkan kapan..? tatkala neraka jahannam di hadapan mereka.. maut.. siksaan.. nyala api neraka nampak di hadapan mereka..
Iblis mengatakan “jangan kalian mencelaku, celalah diri kalian sendiri”
Bahkan iblis mengatakan..
إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِن قَبْلُ ۗ 
“saya sesungguhnya ingkar dengan kesyirikan kalian”
Selama ini saya hanya menipu kalian, kalian kenapa ikut..?
Saya sekedar mengajak, kenapa kalian ikut..? cela diri kalian sendiri..
Yang lebih menyedihkan lagi.. setelah iblis tidak mau disalahkan..
Iblis menyatakan..
إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
 Sesungguhnya orang-orang yang dhalim, seperti kalian dan saya, kata iblis lahum ‘adzabun alim bagi mereka ‘adzab yang pedih..
Bagaimana tidak sedih..? hati-hati mereka para pengikut iblis..
Yang lebih menyedihkan lagi.. sebagaimana perkataan sebagian salaf.. setelah itu iblis mengatakan..
Bahwasanya orang-orang yang beriman..
وَأُدْخِلَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ
Orang-orang yang beriman dan beramal shalih akan dimasukkan oleh Allah ke dalam surga-surga Allah..
Betapa tidak sedih..? para pengikut iblis tatkala mereka tahu mereka bakalan diadzab oleh Allah subhanahu wata’ala.. dan mereka tahu bahwasannya.. ada manusia yang lain.. kelompok yang lain.. yang akan bahagia kekal abadi.. di dalam surga-surga Allah subhanahu wata’ala..

Ikhwatal iman.. saudara-saudaraku seiman..
Ini lah khuthbah iblis.. yang Allah abadikan dalam Al-Qur’an..
Semoga.. saya dan anda tidak pernah mendengarkan khuthbah ini.. karena khuthbah ini hanya didengar oleh para penghuni neraka.. khuthbah yang membuat mengalir air mata.. khuthbah yang membuat sadarnya mereka.. akan tetapi.. annaa lahudzdzikra.. penyesalan tersebut.. kesadaran tersebut.. tidak ada mnfaatnya..
Jangan sampai kita di dunia.. tidak bisa tersentuh hati kita dengan nasehat-nasehat dan khuthbah-khuthbah para da’i.. dan hanya bisa tersentuh hati kita.. tatkala mendengar khuthbah iblis.. wal ‘iyadzan billah..
Semoga Allah subhanahu wata’ala menyelamatkan kita seluruhnya dari neraka jahannam.. dan menyelamatkan kita seluruhnya.. dari tipu daya iblis.. yang senantiasa tidak henti-hentinya berusaha menjerumuskan kita.. agar bisa menemani dia.. menemani dia di neraka jahannam kelak..
وبالله التوفيق والهداية
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tulisan di atas merupakan ceramah singkat yang disampaikan oleh Al-Ustadz Firanda Andirja MA hafidhahullahu ta’ala, dalam sebuah Video yang saya ambil dari Youtube Yufid TV, yang kemudian saya tuangkan dalam sebuah tulisan dengan sedikit tambahan yang perlu saya tambahkan yang insya’Allah tidak merubah isi kandungan ilmiyah dalam ceramah yang disampaikan, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

Ditulis di Cileungsi, 29 Rabi’ul Akhir 1434 H, atau 12 Maret 2013 M
Akhukum fillah
Abu Hanifah ‘Alim bin Iryani Heri Atmaja bin Martadimulya bin Mangunharja bin Mangun Ali Mudi Mangun Negara Al-Bantuliy



[1] Surat Al-Fajr : Ayat-23
[2] Surat Ibrahim : Ayat-22

7 tanggapan:

handung mengatakan...

subhanallah,

Abu Hanifah Alim mengatakan...

@handung
terima kasih atas kunjungannya..
barakallahu fik..

Block B&C Telaga Harapan mengatakan...

assalamu'alaykum
pak Dhe tak ewangi share nggeh ?

microlite mengatakan...

baru tahu nih khutbah iblis nice info :)

timbangan mengatakan...

makasih nih buat artikelnya menambah wawasan sekali

gear khk mengatakan...

pengetahuan baru lagi nih tentang khutbah iblis nih hehe makasih

resep membuat sambal mengatakan...

astaghfirullahal adzim... semoga kita bukan termasuk pengikut iblis

Posting Komentar

dipersilahkan untuk memberikan tanggapan, dengan memperhatikan adab sopan santun, dan ma'af jika saya tidak menampilkan komentar anda yang hanya ingin mengajak berdebat (kecuali jika memang perlu saya tanggapi akan saya berikan tanggapan) terima kasih