Risalah Tsalatsatul Ushul adalah sebuah risalah yang penting bagi setiap
muslim. (Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh. Menteri Urusan Wakaf,
Dakwah dan Bimbingan Keislaman Arab Saudi)
Tsalatsatul Ushul (tiga landasan utama) merupakan salah satu risalah karya
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah yang tersebar luas di
kalangan kaum muslimin. Risalah ini mengandung pelajaran-pelajaran yang
sangat penting dan mendasar demi terwujudnya pribadi muslim yang
mentauhidkan Allah dalam segala sisi kehidupannya.
Telah banyak ulama yang membahas risalah ini dalam bentuk ceramah, tulisan,
yang ringkas maupun panjang lebar. Di antara mereka adalah Syaikh
Abdurrahman bin Qasim rahimahullah, Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah,
Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah, Syaikh Zaid bin Hadi
hafizhahullah, Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah,
Syaikh Numan bin Abdul Karim al-Watr hafizhahullah, Syaikh Abdullah bin
Shalih al-Fauzan hafizhahullah, Syaikh Khalid bin Abdullah al-Mushlih
hafizhahullah dan para ulama lainnya.
Dan segala puji bagi Allah, bersama rekan-rekan yang lain saya mendapat
kesempatan mengikuti pelajaran kitab tersebut bersama Ustadz Abu Isa
Abdullah bin Salam hafizhahullah [1] dalam rangkaian daurah di Mahad
Jamilurrahman as-Salafy dan juga daurah yang diadakan oleh Lembaga
Bimbingan Islam al-Atsary beberapa tahun yang silam. Sungguh ini merupakan
kenikmatan yang sangat agung dan pengalaman yang sangat berharga dalam
kehidupan kami, semoga Allah meneguhkan kami dan anda sekalian di atas
akidah tauhid yang suci ini hingga bertemu dengan-Nya nanti.
Pada kesempatan ini kami insya Allah akan memulai pembahasan risalah/kitab
ini dengan mengacu kepada beberapa kitab syarah yang ada dengan tambahan
keterangan dari sumber lainnya semampu kami, dan Allah lah satu-satunya
tempat bergantung bagi kami.
Judul Risalah
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah memberi nama risalahnya
dengan judul:
ثلاثةُ الأُصُول
Artinya: Tiga landasan utama.
Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah mengomentari:
هذه رسالة مهمة في العقيدة ألفها الشيخ أبو عبد الله الإمام محمد بن عبد
الوهاب بن سليمان بن علي التميمي الحنبلي الإمام المشهور المجدد لِما اندرس من
معالم الإسلام في النصف الثاني من القرن الثاني عشر ـ رحمه الله وأكرم مثواه
ـ . وقد كان ـ رحمه الله ـ يلقن الطلبة والعامة هذه الأصول ليدرسوها
ويحفظوها ، ولتستقر في قلوبهم لكونها قاعدة في العقيدة .
Ini adalah risalah yang sangat penting dalam bidang akidah. Risalah yang
ditulis oleh Syaikh Abu Abdillah Imam Muhammad bin Abdul Wahhab bin
Sulaiman bin Ali at-Tamimi al-Hanbali. Seorang imam yang masyhur sekaligus
seorang pembaharu yang mereformasi berbagai ajaran Islam yang mengalami
kelunturan pada paruh kedua di abad keduabelas (hijriyah), semoga Allah
mencurahkan rahmat kepadanya dan memuliakan tempat peristirahatannya.
Beliau -semoga Allah merahmatinya- dahulu biasa mendiktekan kepada para
murid dan masyarakat umum pokok-pokok -akidah- ini agar mereka mau
mempelajari dan menghafalkannya dan supaya apa yang terdapat di dalamnya
bisa tertanam di dalam hati mereka, dikarenakan perkara-perkara itu
merupakan pondasi dalam hal akidah. (Syarh Ushul Tsalatsah li Ibni Baz,
hal. 1 software Maktabah asy-Syamilah)
Syaikh Khalid bin Abdullah al-Mushlih hafizhahullah menjelaskan:
وهذه الرسالة رسالة عظيمة كثيرة الفوائد ألفها رحمه الله لبيان ما يحتاج إليه
كل مؤمن ومؤمنة، وكل مسلمٍ ومسلمة، وسمى هذه الرسالة (ثلاثة الأصول)، وهي
معروفة بهذا الاسم، أو باسم (الأصول الثلاثة)، بين فيها ما يجب معرفته مما
يتعلق بالله عز وجل، ومما يتعلق بالنبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم، ومما
يتعلق بدين الإسلام، وأكثر من ذكر الأدلة في ثنايا هذه الرسالة المباركة
ليتبين بذلك أن ما يدعو إليه منبثق من الكتاب والسنة، وأنه معتمد عليهما
Risalah ini adalah risalah yang agung dan mengandung banyak pelajaran
berharga. Risalah ini ditulis oleh beliau rahimahullah dalam rangka
menjelaskan hal-hal yang dibutuhkan oleh setiap mukmin dan mukminah dan
setiap muslim dan muslimah. Risalah ini diberi nama Tsalatsatu Ushul dan ia
populer dengan nama ini. Atau ia juga dikenal dengan nama al-Ushul
ats-Tsalatsah. Di dalamnya beliau menjelaskan berbagai perkara yang wajib
diketahui yang meliputi keyakinan tentang Allah azza wa jalla, keyakinan
yang terkait dengan Nabi shallallahu alaihi wa ala alihi wa sallam, dan
keyakinan yang terkait dengan agama Islam. Di tengah-tengah risalah yang
diberkahi ini beliau sering sekali menyebutkan dalil-dalil supaya tampak
dengan jelas bahwa apa yang beliau dakwahkan benar-benar memiliki landasan
dari al-Kitab dan as-Sunnah, dan demi membuktikan bahwasanya tulisan ini
memang bersandar kepada keduanya (Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah, hal. 2
software Maktabah asy-Syamilah)
Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah juga menerangkan:
رسالة ثلاثة الأصول, رسالة مهمّة لكل مسلم، وكان العلماءُ -أعني علمائنا-
يعتنون بها شرحا، في أول ما يشرحون من كتب أهل العلم، ذلك؛ لأن فيها الجواب عن
أسئلة القبر الثلاث؛ ألا وهي سؤال الملكين العبد عن ربه، وعن دينه، وعن نبيه،
وهي ثلاثة الأصول يعني معرفة العبد ربه؛ وهو معبوده، ومعرفة العبدِ دينه؛ دين
الإسلام بالأدلة، ومعرفة العبد نبيه عليه الصلاة والسلام، فمن هاهنا جاءت
أهمية هذه الرسالة؛ لأن فيها من أصول التوحيد والدين الشيء الكثير.
Risalah Tsalatsatul Ushul adalah sebuah risalah yang penting bagi setiap
muslim. Dahulu para ulama -maksud saya para ulama kita (ulama di Arab
Saudi, pent)- memberikan perhatian besar dengan memberikan
syarah/penjelasan atasnya dalam kesempatan pertama mereka membahas
keterangan kitab-kitab ulama. Hal itu disebabkan di dalamnya terkandung
jawaban terhadap tiga pertanyaan di alam kubur. Ketahuilah bahwa pertanyaan
itu adalah pertanyaan yang dilontarkan oleh dua malaikat kepada setiap
hamba yang menanyakan tentang siapa Rabbnya, tentang agamanya, dan tentang
nabinya. Itulah Tsalatsatul Ushul/tiga landasan utama: yaitu seorang hamba
harus mengenali Rabbnya yaitu sesembahannya, mengenali agamanya yaitu agama
Islam, dan mengenali nabinya alaihis sholatu was salam. Di situlah terletak
urgensi/nilai penting risalah ini. Karena di dalamnya terdapat banyak
pokok-pokok ajaran tauhid dan agama (Syarh Tsalatsatul Ushul li Shalih ali
Syaikh, hal. 2 software Maktabah asy-Syamilah)
Dalil Tentang Pertanyaan Kubur
Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan:
حدثنا أبو الوليد حدثنا شعبة قال أخبرني علقمة بن مرثد قال سمعت سعد بن عبيدة
عن البراء بن عازب : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال المسلم إذا سئل في
القبر يشهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله . فذلك قوله يثبت الله
الذين آمنوا بالقول الثابت في الحياة الدنيا وفي الآخرة
Abul Walid menuturkan kepada kami. Dia berkata: Syubah menuturkan kepada
kami. Dia berkata: Alqomah bin Martsad mengabarkan kepadaku. Dia berkata:
Aku mendengar Sad bin Ubaidah -meriwayatkan- dari al-Bara bin Azib
radhiyallahuanhu, dia menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa
sallam bersabda, Seorang muslim jika ditanya di dalam kubur maka dia akan
bersaksi bahwa tidak ada sesembahan -yang benar- kecuali Allah dan bahwa
Muhammad adalah utusan Allah. Itulah maksud dari firman Allah (yang
artinya), Allah akan meneguhkan orang-orang yang beriman dengan ucapan yang
kokoh dalam kehidupan dunia dan ketika di akherat. (QS. Ibrahim: 27). (HR.
Bukhari dalam Kitab Tafsir)
Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارِ بْنِ عُثْمَانَ الْعَبْدِىُّ حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ
عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ عَنِ النَّبِىِّ
-صلى الله عليه وسلم- قَالَ (يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ
الثَّابِتِ) قَالَ نَزَلَتْ فِى عَذَابِ الْقَبْرِ فَيُقَالُ لَهُ مَنْ
رَبُّكَ فَيَقُولُ رَبِّىَ اللَّهُ وَنَبِيِّىَ مُحَمَّدٌ -صلى الله عليه
وسلم-. فَذَلِكَ قَوْلُهُ عَزَّ وَجَلَّ يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا
بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِى الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِى الآخِرَةِ
Muhammad bin Basyar bin Utsman al-Abdi menuturkan kepada kami. Dia berkata:
Muhammad bin Jafar menuturkan kepada kami. Dia berkata: Syubah menuturkan
kepada kami dari Alqomah bin Martsad dari Sad bin Ubaidah dari al-Bara bin
Azib dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau berkata (membaca ayat
yang artinya), Allah akan meneguhkan orang-orang yang beriman dengan ucapan
yang kokoh. Beliau bersabda, Ayat itu turun tentang siksa kubur, akan
ditanyakan kepadanya, Siapa Rabbmu maka dia akan bisa menjawab, Rabbku
adalah Allah, dan Nabiku adalah Muhammad -shallallahu alaihi wa sallam-.
Maka itulah makna firman Allah azza wa jalla (yang artinya), Allah akan
meneguhkan orang-orang yang beriman dengan ucapan yang kokoh dalam
kehidupan dunia dan ketika di akherat. (QS. Ibrahim: 27). (HR. Muslim)
Imam Abu Dawud rahimahullah meriwayatkan:
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ ح وَحَدَّثَنَا
هَنَّادُ بْنُ السَّرِىِّ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ وَهَذَا لَفْظُ
هَنَّادٍ عَنِ الأَعْمَشِ عَنِ الْمِنْهَالِ عَنْ زَاذَانَ عَنِ الْبَرَاءِ
بْنِ عَازِبٍ قَالَ : خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
فِى جَنَازَةِ رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ فَانْتَهَيْنَا إِلَى الْقَبْرِ
وَلَمَّا يُلْحَدْ فَجَلَسَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَجَلَسْنَا
حَوْلَهُ كَأَنَّمَا عَلَى رُءُوسِنَا الطَّيْرُ وَفِى يَدِهِ عُودٌ يَنْكُتُ
بِهِ فِى الأَرْضِ فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ : اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ
عَذَابِ الْقَبْرِ. مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاَثًا زَادَ فِى حَدِيثِ جَرِيرٍ هَا
هُنَا وَقَالَ : وَإِنَّهُ لَيَسْمَعُ خَفْقَ نِعَالِهِمْ إِذَا وَلَّوْا
مُدْبِرِينَ حِينَ يُقَالُ لَهُ : يَا هَذَا مَنْ رَبُّكَ وَمَا دِينُكَ
وَمَنْ نَبِيُّكَ. قَالَ هَنَّادٌ قَالَ : وَيَأْتِيهِ مَلَكَانِ
فَيُجْلِسَانِهِ فَيَقُولاَنِ لَهُ : مَنْ رَبُّكَ فَيَقُولُ : رَبِّىَ
اللَّهُ. فَيَقُولاَنِ لَهُ : مَا دِينُكَ فَيَقُولُ : دِينِى الإِسْلاَمُ.
فَيَقُولاَنِ لَهُ : مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِى بُعِثَ فِيكُمْ قَالَ
فَيَقُولُ : هُوَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-. فَيَقُولاَنِ : وَمَا
يُدْرِيكَ فَيَقُولُ : قَرَأْتُ كِتَابَ اللَّهِ فَآمَنْتُ بِهِ وَصَدَّقْتُ.
زَادَ فِى حَدِيثِ جَرِيرٍ : فَذَلِكَ قَوْلُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ
(يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا). الآيَةَ
Utsman bin Abi Syaibah menuturkan kepada kami. Dia berkata: Jarir
menuturkan kepada kami (ha). Hannad bin as-Sari juga menuturkan kepada
kami. Dia berkata: Abu Muawiyah menuturkan kepada kami -dan ini merupakan
lafazh yang dibawakan oleh Hannad- dari al-Amasy dari al-Minhal dari Zadan
dari ak-Bara bin Azib radhiyallahuanhu. Dia berkata: Suatu saat kami keluar
bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk mengiringi jenazah
salah seorang lelaki dari kaum Anshar. Ketika kami sampai di kubur dan
jenazah itu telah dikuburkan maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
pun duduk dan kami pun ikut duduk di sekitar beliau, dan seolah-olah saat
itu di atas kami ada burung. Di tangan beliau ada sebilah tongkat kayu yang
beliau pukul-pukulkan ke tanah lalu beliau mengangkat kepalanya ke langit
seraya mengatakan, Mintalah perlindungan kepada Allah dari siksa kubur.
Beliau mengucapkannya dua atau tiga kali. Di dalam hadits Jarir terdapat
tambahan Nah, di sinilah. Dan beliau melanjutkan, Sesungguhnya dia mampu
mendengar suara sandal-sandal mereka saat mereka berbalik untuk pulang.
Ketika itulah ditanyakan kepadanya, Wahai orang ini, siapakah Rabbmu,
apakah agamamu, dan siapa Nabimu? Hannad berkata: Beliau mengatakan,
Datanglah dua malaikat yang mendudukkannya lalu menanyakan kepadanya, Siapa
Rabbmu lalu dia pun menjawab, Rabbku adalah Allah. Lalu mereka berdua
bertanya kepadanya, Apa agamamu dan dia pun menjawab, Agamaku Islam. Lalu
mereka kembali bertanya, Siapakah lelaki ini yang telah diutus di
tengah-tengah kalian. Maka dia menjawab, Dia adalah Rasulullah -shallallahu
alaihi wa sallam-. Lalu mereka berdua bertanya, Ilmu apa yang kamu ketahui?
Maka dia menjawab, Aku membaca Kitabullah, aku beriman dan membenarkannya.
Di dalam hadits Jarir terdapat tambahan, Itulah maksud dari firman Allah
azza wa jalla (yang artinya), Allah akan meneguhkan orang-orang yang
beriman dst. (HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)
Imam al-Baghawi rahimahullah menerangkan:
قوله تعالى: يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ
كلمة التوحيد، وهي قول: لا إله إلا الله فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا يعني قبل
الموت، وَفِي الآخِرَةِ يعني في القبر. هذا قول أكثر أهل التفسير
Firman Allah taala Allah akan meneguhkan orang-orang yang beriman dengan
ucapan yang kokoh yaitu dengan kalimat tauhid, maksudnya adalah ucapan la
ilaha illallah. di dalam kehidupan dunia yaitu sebelum meninggal. dan
ketika di akherat maksudnya adalah ketika berada di alam kubur. Inilah
pendapat mayoritas ahli tafsir. (Maalim at-Tanzil [4/349] software Maktabah
asy-Syamilah)
Imam al-Aini rahimahullah menjelaskan:
والقول الثابت هو كلمة التوحيد لأنها راسخة في قلب المؤمن
Yang dimaksud dengan ucapan yang kokoh itu adalah kalimat tauhid -la ilaha
illallah, pent- dikarenakan kalimat itu tertancap kuat di dalam lubuk hati
seorang mukmin. (Umdat al-Qari Syarh Shahih al-Bukhari [13/101] software
Maktabah asy-Syamilah)
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sadi rahimahullah menjelaskan maksud ayat
di atas:
يخبر تعالى أنه يثبت عباده المؤمنين، أي: الذين قاموا بما عليهم من إيمان
القلب التام، الذي يستلزم أعمال الجوارح ويثمرها، فيثبتهم الله في الحياة
الدنيا عند ورود الشبهات بالهداية إلى اليقين، وعند عروض الشهوات بالإرادة
الجازمة على تقديم ما يحبه الله على هوى النفس ومراداتها. وفي الآخرة عند
الموت بالثبات على الدين الإسلامي والخاتمة الحسنة، وفي القبر عند سؤال
الملكين، للجواب الصحيح، إذا قيل للميت من ربك؟ وما دينك؟ ومن نبيك؟ هداهم
للجواب الصحيح بأن يقول المؤمن: الله ربي والإسلام ديني ومحمد نبيي
Allah taala memberitakan bahwasanya Dia akan memberikan keteguhan kepada
hamba-hamba-Nya yang beriman yaitu orang-orang yang menunaikan kewajiban
mereka berupa keimanan yang sempurna di dalam hatinya yang menuntut dan
memunculkan berbagai amal anggota badan. Allah akan memberikan keteguhan
kepada mereka di dalam kehidupan dunia ketika terpaan syubhat/keragu-raguan
melanda dengan menganugerahkan petunjuk -kepada mereka- untuk tetap yakin,
dan juga ketika hembusan syahwat menerpa dengan karunia kekuatan tekad
sehingga membuatnya tetap mendahulukan apa yang dicintai Allah di atas hawa
nafsu dan keinginan dirinya. Dan di akherat kelak ketika maut maka Allah
berikan keteguhan kepadanya di atas agama Islam dan menjumpai husnul
khatimah. Dan ketika berada di alam kubur maka Allah juga akan memberikan
keteguhan kepadanya dengan bisa memberikan jawaban yang benar ketika ada
dua malaikat yang bertanya kepada mayit itu: Siapa Rabbmu? Apa agamamu? Dan
Siapa Nabimu? Ketika itulah Allah berikan bimbingan kepada mereka untuk
bisa menjawab dengan benar yaitu dengan mengucapkan: Allah Rabbku, Islam
agamaku, dan Muhammad Nabiku. (Taisir al-Karim ar-Rahman [1/425]
asy-Syamilah)
Ringkasan
Dari penjelasan-penjelasan di atas kita dapat mengetahui letak pentingnya
mempelajari risalah Tsalastatul Ushul ini. Sebab di dalam risalah ini
terkandung berbagai perkara penting, antara lain:
Pengenalan tentang sesembahan kita yaitu Allah taala.
Pengenalan tentang hakekat agama yang diterima di sisi Allah yaitu Islam.
Pengenalan tentang panutan kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
Dalil-dalil al-Kitab dan as-Sunnah yang menjadi sumber akidah kita.
Ilmu yang akan membentengi diri kita dari terpaan fitnah syubhat dan
syahwat.
Kunci keteguhan bagi seorang muslim untuk bisa menghadapi ujian di alam
kubur kelak.
Ilmu tauhid, yang itu merupakan sebab utama keselamatan dan kebahagiaan.
Pada pelajaran berikutnya insya Allah akan dijelaskan kandungan mukadimah
risalah ini sedikit demi sedikit. Semoga Allah memudahkan kita untuk
mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan kemudian melakukan amal yang salih.
Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa. Wa
shallallahu ala Nabiyyina Muhammadin wa ala alihi wa shahbihi wa sallam.
Walhamdulillahi Rabbil alamin.
Yogyakarta, Sabtu 7 Syawwal 1430 H
Hamba yang fakir kepada Rabbnya
***
Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi
Artikel www.muslim.or.id
--
0 tanggapan:
Posting Komentar
dipersilahkan untuk memberikan tanggapan, dengan memperhatikan adab sopan santun, dan ma'af jika saya tidak menampilkan komentar anda yang hanya ingin mengajak berdebat (kecuali jika memang perlu saya tanggapi akan saya berikan tanggapan) terima kasih